Senin, 14 Oktober 2013

Gagal Ginjal Kronik

Gagal Ginjal Kronik (GGK) merupakan keadaan dimana gangguan fungsi ginjal yang bersifat menahun berlangsung progresif dan irreversible (tidak dapat kembali ke keadaan semula). 
Tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit yang menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah).
Penyebab gagal ginjal kronik yang sering dijumpai adalah batu, infeksi yang disebut pirlonefritis, hipertensi, nefropati karena asam urat, nefropati karena lupus dan kencing manis.
Penderita gagal ginjal kornik sering mengeluh mual sehingga asupan makannya terbatas. Sehingga perlu dilakukan evaluasi dalam proses asupan makanan. Apabila terpai konservatif ini / evaluasi asupan makanan dapat dilakukan dengan baik dan fungsi ginjal dapat dipertahankan makan belum diperlakukan untuk terapi pengganti ginjal / hemodialisa atau orang orang - orang meyebut dengan cuci darah.
Gagal ginjal kronik atau penyakit ginjal tahap akhir adalah penyimpangan progresif, fungsi ginjal yang tidak dapat pulih dimana kemampuan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan metabolik dan cairan dan elektrolit mengalami kegagalan yang mengakibatkan uremia.  Kondisi ini mungkin disebabkan oleh gloumerulonefritis kronis. Preparat lingkungan dan okupasi yang telah menunjukkan mempunyai dampak dalam gagal ginjal kronis termasuk timah, kadmium, merkuri, dan kromium. Pada akhirnya dialisis atau transplantasi ginjal diperlukan untuk menyelematkan pasien.

Etiologi :

Penyebab gagal ginjal terbagi menjadi 3 klasifikasi penyebabnya. 
Yaitu penyebab prerenal, penyebab renal (ginjal), dan juga penyebab postrenal. 

Faktor prerenal ini, maka gagal ginjal bisa disebabkan karena :
  1. Dehidrasi karena kehilangan cairan, misalnya karena muntah-muntah, diare, berkeringat banyak dan demam. 
  2. Hipovolemia (volume darah yang kurang), misalnya karena perdarahan yang hebat bisa karena akibat kecelakaan, perdarahan post partum atau perdarahan akibat yang lainnya. 
  3. Pemberian obat-obatan, contohnya adalah pemberian obat diuretic (pelancar kencing) yang menyebabkan pengeluaran cairan berlebihan berupa urin sehingga menyebabkan tubuh yang kekurangan akan air. 
  4. Dehidrasi karena kurangnya asupan cairan. Untuk itu kita harus bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita yang cukup contoh mudahnya adalah dengan minum air putih paling tidak 8 gelas sehari.
  5. Gangguan aliran darah ke ginjal yang disebabkan sumbatan pada pembuluh darah ginjal.
Faktor renal sendiri adalah :
  • Sepsis. Menyebabkan sistem imun tubuh berlebihan karena terjadi infeksi sehingga menyebabkan peradangan dan merusak ginjal.
  • Obat-obatan yang toksik terhadap ginjal.
  • Peradangan akut pada glomerulus, penyakit lupus eritematosus sistemik, Wegener's granulomatosis, dan Goodpasture syndrome.
Faktor postrenal. Penyebab ini karena adanya faktor yang menyebabkan aliran urin dari ginjal mengalami gangguan. Dan penyebabnya antara lain :
  • Sumbatan saluran kemih (ureter atau kandung kencing) menyebabkan aliran urin berbalik arah ke ginjal. Jika tekanan semakin tinggi maka dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan ginjal menjadi tidak berfungsi lagi dan akhirnya terjadilah gagal ginjal.
  • Pembesaran prostat atau kanker prostat dapat menghambat uretra (bagian dari saluran kemih) dan menghambat pengosongan kandung kencing. Dengan terhambatnya proses pengosongan kandung kemih ini akan bisa memicu terjadinya gagal ginjal
  • Tumor di perut yang menekan serta menyumbat ureter.
  • Batu ginjal.
sumber : 


6 komentar:

  1. ternyata hipertensi juga penyebab gagal ginjal, harus kurang"in ni hahaha, saya dengar dari teman Biospray Gagal Ginjal katanya bagus, sudah pernah dengar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saudaraku
      Sejatinya pasein gagal ginjal memang di haruskan cuci darah.
      Kalau ada yang bilang bisa sembuh tanpa cuci darah 100% itu HOAX!!!
      Saya sudah tanya ke beberapa dokter dan tr akhir ke bapak ikhwan ah9779 jawaban nya sama semua yaitu pasien gagal ginjal harus tetap cuci darah, dan itu gak pakek nawar. Kami aja masih menjalankan cuci darah dan juga sekarang juga brobat dengan bapak ikhwan ah9779.
      Sekarang kondisi alhamdulillah jauh lebih baik dari sebelum nya.
      Jadi hati hati dalam mengambil tindakan pengobatan alternative lain selain di rumah sakit yang katanya bisa sembuh tanpa cuci darah dan juga bisa sembuh dalam waktu singkat. Karna gagal ginjal itu sejatinya rusaknya pembuluh darah dan filter ginjal yang seharusnya bekerja sebagai penyaring di tubuh kita, kata dokter di sini dan kata bapak ikhwan ah9779 bisa sembuh tapi butuh proses sesuai kondisi keparahan dari ginjal tersebut.
      Saran saya kalau mau mencari pengobatan alternative yang baik dan bagus coba ke bapak ikhwan ah 9779.
      Semoga beliau bisa bantu dan cocok dengan saudara.
      Coba telp beliau langsung.
      Ni no beliau 0822-9423-8289.
      Posisi beliau di aceh sigli.
      Kalau posisi beliau jauh dari saudara beliau juga bisa bantu juga, saya juga jauh dari posisi beliau.
      Saya tinggal di malaysia sekarang, karna suami saya warga Malaysia.

      Hapus
    2. Alhamdulillah...sy sangat br trimakasih atas petunjuk nya...
      Brkat saudara akhir ny bpk sy bisa sembuh dri gagal ginjal akut nya.. Bpk sy brobat dng pengobatan ikhwan ah 9779 selama 6 bulan dng beliau & sekarang Fungsi ginjal nya sdh membaik di lihat dari hasil lab darah ny di rumah sakit.
      Sekali lg sy sangat br trimakasih atas saran nya... Semoga nantinya bnyak yg bisa di sembuh kan oleh beliau amin...

      Hapus
  2. Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? atau Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya (Dokter Elvis Whyte) adalah seorang Phrenologist di rumah sakit kami. Saya berspesialisasi dalam Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Hubungi Email: doctorelviswhyte@gmail.com atau whatsapp +2347083629144 untuk informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  3. Halo setiap tubuh namaku Tina warga negara Thia. Saya di sini untuk mempublikasikan kepada dunia bagaimana saya menjadi kaya setelah menjual ginjal saya kepada seorang dokter Collins, kami bertemu di internet dan bernegosiasi untuk membeli salah satu ginjal saya dan saya menerima sumbangan salah satu ginjal saya untuk uang yang membawanya membeli salah satu ginjal saya seharga 800.000 dolar dan bahkan membayar saya setengah dari jumlah ini sebelum operasi terjadi di sini di Nigeria dan sebelum India dan sisanya diberikan kepada saya uang tunai setelah operasi, sekarang saya berani mengatakan bahwa saya tidak akan pernah miskin lagi dalam hidup .
    Nasihat Anda untuk menemuinya di doctorcollins3@gmail.com agar impian Anda datang sekali lagi, tulis dia melalui doctorcollins3@gmail.com atau WhatsApp melalui +254750078353.

    BalasHapus
  4. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau ingin menjual ginjal Anda?
    Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda untuk mendapatkan uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan kepada Anda sejumlah uang untuk Ginjal Anda. Nama saya Dokter Raymond seorang Ahli Nefrologi di rumah sakit klinik UBTH. Klinik kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang hidup. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia, dan Inggris. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email. Email: drkennethraymond@gmail.com atau drkennethraymond@outlook.com (Adamfred24@gmail.com) whatsapp 17022133132


    kami menunggu tanggapan mendesak Anda

    drkennethr Salam Hormat


      Dr Raymond.

    BalasHapus